Cara Memakai Lipstik
Agar Tahan Lama dan Makin Cantik

Memakai lipstik memang mudah dilakukan, bahkan beberapa orang menganggap hal ini sepele dan tidak terlalu penting diperhatikan. Padahal jika memakai lipstik secara asal-asalan, hasil riasan bibir jadi kurang bagus, mudah mengelupas, kering, atau mungkin cepat pudar warnanya. Supaya hal itu tidak terjadi lagi, beberapa hal perlu diperhatikan sebelum memulaskannya ke bibir.

Bagaimana cara memakai lipstik yang baik dan benar supaya hasilnya cantik sekaligus tahan lama? Perhatikan beberapa tips yang harus dilakukan berikut ini. 

1. Lakukan Eksfoliasi pada Permukaan Bibir Terlebih Dahulu

Cara pakai lipstik supaya hasilnya bisa menempel sempurna di bibir, sebaiknya lakukanlah eksfoliasi fisik terlebih dahulu di permukaannya. Kulit bibir merupakan bagian yang langsung kontak dengan udara luar, sehingga lebih sering kering, pecah-pecah, atau bahkan terlihat kurang segar akibat banyaknya tumpukan sel kulit mati.

Melakukan eksfoliasi dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Ketika sudah dieksfoliasi, hasilnya bibir akan lebih lembut dan tampak lebih sehat. Cara melakukannya bisa menggunakan scrub alami maupun scrub khusus bibir yang banyak dijual di pasaran.

Cara eksfoliasi yaitu usahakan bibir dalam kondisi cukup lembab, jadi harus dioleskan lip balm terlebih dahulu. Setelah itu aplikasikan scrub khusus secara lembut, kemudian bilas menggunakan waslap basah yang lembut atau boleh langsung dibasuh menggunakan air. Coba lihat perbedaannya sebelum eksfoliasi, hasilnya jadi lebih lembut dan kenyal, bukan?

Sebaiknya eksfoliasi bibir tak dilakukan setiap hari, sebab justru membuat kulitnya semakin tipis serta semakin sensitif. Cukup 2-3 kali saja dalam seminggu sebelum memakai lipstik atau sebelum tidur malam.

2. Gunakan Lip Balm

Setelah melakukan eksfoliasi, biasanya bibir terasa kurang nyaman dan kurang lembab. Oleh karena itu, tahap memakai lipstik berikutnya yaitu jangan lupa mengoleskan lip balm. Manfaat memakai lip balm yaitu untuk menutrisi kulit bibir, mengenyalkan, sekaligus melembabkannya dalam waktu singkat.

Gunakan produk lip balm yang mampu menutrisi sekaligus merawat kulit bibir agar tidak mudah kering dan pecah-pecah. Fungsi mengaplikasikan lip balm sebelum memakai lipstik adalah membuat produk lipstik jadi lebih mudah menempel, tidak mengikuti tekstur bibir, serta tak mudah membuatnya kering. 

Terutama ketika Anda mengaplikasikan lip matte yang notabene memang membuat bibir gampang sekali kering dan pecah-pecah. Penggunaan lip balm hukumnya wajib, meskipun produknya sudah mengandung ekstra pelembab! Tenang saja, justru warnanya tak akan gampang memudar jika Anda mengikuti tips berikutnya! 

Solusi apabila tak punya lip balm, yaitu harus pandai-pandai dalam memilih produk lipstik. Lihat beberapa rekomendasi lipstik khusus bibir kering yang formulanya tak semakin membuat kering, justru malah memberikan nutrisi, baca di Smartalog! 

3. Aplikasikan Concealer

Usai memakai lip balm atau pelembab, diamkan setidaknya 15-30 menit sebelum beranjak ke langkah berikutnya. Sebab mendiamkannya untuk beberapa lama, membuat pulasan lipstik tak gampang pudar atau lebih awet menempel. Jika sudah, lanjutkan ke tahap pengaplikasian concealer secara ringan ke seluruh permukaan bibir.

Penggunaan concealer ini sebenarnya opsional, artinya tidak wajib dilakukan. Tujuan memakai concealer yaitu supaya warna asli lipstiknya lebih keluar, sehingga akan membuatnya tampak lebih cantik dan lebih tegas. Ini tak hanya berlaku untuk varian matte saja, sebelum mengoleskan lip tint pun boleh mengaplikasikannya agar warnanya jadi lebih nyata dan tidak menyerap begitu saja di kulit bibir.

Ingin menggunakan concealer tetapi ragu karena takut jadi lebih pucat atau membuat mulut terasa berat? Solusinya, cukup aplikasikan ringan-ringan saja sambil diratakan, tak perlu mengoleskannya sampai terlalu tebal. Jika mengoleskan terlalu tebal, justru membuat bibir tampak berat dan mudah kering. 

4. Pilih Lipstik Sesuai Warna Kulit dan Looks

Lipstik merupakan riasan pewarna bibir yang hampir tak pernah dilewatkan oleh kaum hawa, sebab fungsinya untuk mempercantik tampilan supaya terlihat lebih segar dan tidak pucat. Pemilihan shadenya sebaiknya disesuaikan dengan warna kulit maupun looks yang akan ditampilkan. Tujuannya supaya riasan tampak cantik tanpa terlihat menor atau berlebihan.

Memilih lipstik yang sesuai juga harus memperhatikan looks atau menyesuaikan dengan acara tertentu. Misalnya untuk kondangan, wisuda, ataupun pesta sebaiknya pilih shade yang lebih menyala sesuai jenis kulit atau setidaknya hampir sama dengan warna bibir agar tampak natural. Hindari memilih shade yang jauh lebih terang dari warna bibir, sebab membuat penampilan tampak pucat atau bahkan seperti neon.

Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari, menggunakan shade yang natural membuat penampilan terlihat segar. Ketahui apa saja lipstik berwarna natural untuk untuk remaja agar hasilnya tidak menor!

Purbasari Perona Bibir Colour Matte 90 merupakan shade natural yang cocok untuk sehari-hari ataupun natural looks berbagai acara. Warnanya tidak terlalu mencolok, tetapi pasti membuat wajah terlihat, hasilnya pun awet.

Purbasari Perona Bibir Colour Matte 90 merupakan

Adapun perona bibir yang cocok untuk pemilik kulit warm tone, yaitu Maybelline Lipstick Color Sensational Powder Matte Tb Mnu 11. Shade ini cenderung netral, namun bisa juga untuk looks semi-bold.

Maybelline Lipstick Color Sensational Powder Matte Tb Mnu 11

5. Tentukan Formula Lipstiknya

Selain warna, penting sekali untuk menentukan formula lipstik yang hendak dipakai, jadi sebaiknya ketahui dulu bagaimana tipe kulit bibir Anda. Misalnya jika punya bibir cenderung kering, sebaiknya pilih yang formulanya mampu melembabkan agar tak cepat kering dan mengelupas.

Setiap lipstik, tentu memiliki formula berbeda, jadi ketahuilah berbagai jenis lipstik dan cara tepat memilihnya supaya tak sampai salah beli. Ada tipe matte, glossy, velvet, satin, dan lainnya. Tentunya setiap jenis perona bibir tersebut menghasilkan looks yang juga berbeda.

Namun untuk penggunaan sehari-hari maupun berbagai macam acara, memilih jenis lipstik matte merupakan solusi terbaik. Selain tahan lama, banyak pula pilihan shade menarik mulai shade natural sampai boldRekomendasi lipstik matte terbaik dan tahan lama bisa dilihat di Smartaloh, ya!

Velvet lipstick memberikan hasil akhir matte tetapi sedikit glossy. Wardah Colorfit Velvet Matte Lipstick Mousse 11 Cherish Marmalade ini pilihan terbaik dan warnanya cantik! Sekali oles, langsung keluar warnanya.

Wardah Colorfit Velvet Matte Lipstick Mousse 11 Cherish Marmalade

Termasuk jenis lipstik bertekstur creamy, Wardah Lips Longlasting 13 Classic Brown sangat nyaman diaplikasikan ke bibir tanpa terasa berat. Pigmentasi produk pewarna bibir dari Wardah ini bisa dikatakan juara!

Wardah Lips Longlasting 13 Classic Brown

6. Aplikasikan Lipstik Serapi Mungkin

Usahakan ketika memoleskan produk lipstik harus serapi mungkin, jangan sampai terlalu keluar sampai pinggiran. Jika ada sebagian warna terlalu keluar jalur, bersihkan menggunakan lip remover, tisu, atau cotton bud. Menggunakan lip liner juga boleh saja, supaya warnanya tak gampang pudar sekaligus memberikan tampilan bibir tampak lebih penuh.

Jika ingin membuat ombre looks, aplikasikan shade paling gelap terlebih dahulu pada bagian dalam bibir. Kemudian aplikasikan shade paling terang di bagian luarnya. Setelah itu, ratakan serapi mungkin menggunakan cotton bud.

7. Sempurnakan Riasan Bibir

Tahap terakhir cara memakai lipstik agar tahan lama dan cantik, jangan lupa menyempurnakan riasan. Supaya hasilnya lebih awet, jangan langsung mengatupkan bibir. Cukup bubuhkan sedikit bedak tabur tanpa warna atau translucent powder.

Cara lainnya supaya riasan bibir lebih awet, ambil selembar tisu lalu lipat. Katupkan bibir yang sudah dioles lipstik ke tisu. Cara ini fungsinya untuk mengurangi kelebihan atau sisa lipstik agar tidak cepat luntur warnanya sekaligus membuat bibir terasa lebih ringan.  

Semoga tips agar riasan bibir bisa awet di atas dapat membantu! Cara memakai lipstik tersebut berlaku untuk jenis lipstik apapun supaya hasilnya tahan lama dan warnanya terlihat cantik.